Detail Penelitian Obat Bahan Alam

Judul Penelitian
Isolasi andrografolida dari herba sambiloto (Andrographis paniculata (Burm.f.) Nees, Acanthaceae)

Peneliti
Evi Fitriani
Komar Ruslan W.
Sukrasno

Abstrak
Telah diisolasi dan diidentifikasi androgafolia dari herba sambiloto (Andrographis paniculata (Burm.f.) Nees, Acanthaceae). Dengan ekstraksi sinambung menggunakan alat Soxhlet diikuti dengan pemekatan akstrak, filtrasi dan pencucian dengan aseton, diperoleh isolat kasar dengan kemurnian 92,6% dan rendemen 2,5%, yang selanjutnya dimurnikan secara kromatografi kolom menggunakan fase diam silika gel 60(0,063 – 0,2 mm) dan fase gerak n-heksana-etil asetat (1:5) sehingga diperoleh isolat yang mempunyai titik leleh, Rf, spektra ultraviolet dan inframerah karakteristik andrografolia.

Keterangan
Skripsi

Tahun
2004

Tempat Penelitian
Sekolah Farmasi ITB

Isolasi
Ekstrak dibuat dengan cara ekstraksi sinambung menggunakan alat Soxhlet dengan pelarut aseton selama 20 jam. Hablur kasar yang diperoleh dari ekstraksi dipisahkan dan dicuci melalui penyaringan dengan corong Buchner, kemudian dilakukan pemeriksaan KLTdan titik leleh, fraksinasi hablur kasar dengan kromatografi kolom dan KCKT, lalu kemurnian isolat diuji secara KLT satu arah dan KLT dua dimensi. Isolat diidentifikasikan dengan menggunakan pembanding secara KLT, spektrofotometri ultraviolet, spektrofotometri inframerah. Dari serbuk herba diperoleh isolat andrografolia. Rendemen isolat kasar 2,5% dengan kemurnian isolat kasar diperkirakan 92,6%.

Bagi mereka yang mengutip hasil penelitian ini wajib menuliskan sumbernya Sekolah Farmasi ITB http://bahan-alam.fa.itb.ac.id

Kembali Halaman Utama top