Detail Penelitian Obat Bahan Alam

Judul Penelitian
Isolasi Fitokimia Akar Pungpulutan (Urena lobata L.)

Peneliti
Reza Andrisandi
Komar Ruslan W.
Asep Gana Suganda

Abstrak
Telah diteliti fitokimia akar pungpulutan (Urena lobata L., Malvaceae). Hasil penapisan fitokimia menunjukkan adanya senyawa golongan alkaloid, flavonoid, tanin katekat, saponin, kumarin, dan steroid/triterpenoid. Kromatogram lapis tipis ekstrak n-heksan, etil asetat, dan etanol disemprot dengan larutan kalium hidroksida 10% dalam etanol menunjukkan bahwa ekstrak etanol mengandung senyawa golongan kumarin terbanyak. Enam senyawa diisolasi dari ekstrak etanol secara kromatografi cair vakum dan diuji kemurniannya secara kromatografi lapis tipis dua dimensi dan secara kromatografi lapis tipis menggunakan tiga pengembang. Salah satu senyawa berwarna biru-hijau di bawah sinar ultraviolet 366 nm, intensitas warnanya meningkat setelah disemprot dengan larutan kalium hidroksida 10% dalam etanol, diduga merupakan suatu furokumarin.

Keterangan
Skripsi

Tahun
2006

Tempat Penelitian
Sekolah Farmasi ITB

Isolasi
Ekstraksi dilakukan secara bertingkat menggunakan alat Soxhlet memakai pelarut heksan, etil asetat, dan etanol 95%. Ekstrak kemudian dipekatkan dengan penguap putar vakum. Ekstrak etanol kemudian difraksinasi dengan dua metode berbeda, yaitu kromatografi cair vakum dengan pelarut heksan, etil asetat dan etanol, dan kromatografi kolom dengan pengelusi n-butanol:asam asetat:air (4:1:5). Pemurnian dilakukan dengan cara kristalisasi dan kromatografi lapis tipis preparatif. Didapat salah satu senyawa berwarna biru-hijau di bawah sinar ultraviolet 366 nm, intensitas warnanya meningkat setelah disemprot dengan larutan kalium hidroksida 10% dalam etanol, diduga merupakan suatu furokumarin.

Bagi mereka yang mengutip hasil penelitian ini wajib menuliskan sumbernya Sekolah Farmasi ITB http://bahan-alam.fa.itb.ac.id

Kembali Halaman Utama top